Rabu, 16 Juli 2014

Makanan, Budaya ,dan Ciri khas daerah asal


Kota Madiun

Makanan :

       Bila kita berjumpa atau melewati kota madiun, kita pasti tidak akan lupa pada makanan nya yang khas seperti Nasi pecel. Ya, nasi pecel kota madiun sudah sejak dulu sampai sekarang  masih tetap ada dan tidak pernah kehilangan warisan makanan yang sangat lezat untuk dimakan. Nasi pecel kota madiun dapat kita temukan di setiap daerah yang ada di kota madiun. Hampir setiap jalan atau desa pasti banyak yang menjualnya. Tidak di jalan raya, di perdesaan, di warung tempat  makan ,bahkan bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah.
 

      Nasi nya yang selalu disediakan di sepincuk daun pisang ,atau bisa di piring, dll. dan tidak ketinggalan  Pecel nya yang menjadikan makanan ini khas di kota madiun. Sambel pecel ini hanya terdiri dari bahan yang sederhana saja seperti  kencur,  gula merah, cabai, daun jeruk, kacang tanah yang digoreng, lalu ditumbuk dan diuleg.  Sambel pecel ini dengan mudah disiramkan diatas kulupan rebus seperti  sayur-sayuran  taoge , bunga turi , kacang panjang,daun singkong  serta daun kemangi yang segar.

      Nasi pecel ini dapat disantap kapan saja, bisa pagi, siang, atau malam hari. Biasanya para warga kota madiun menyantapnya saat di pagi hari untuk sarapan. Selain itu Nasi pecel menjadikan kota madiun yang terkenal dengan khas  dalam makanannya ,sehingga pemerintah kota madiun mencetak rekor muri membuat nasi pecel saat acara karnaval, atau hari jadi kota madiun.
 
 

 
Budaya :
        Budaya di madiun selalu menjadi pandangan warga sekitar untuk ikut dalam Pencak Silat .. karena  warisan kakek moyang yang sudah turun  dari generasi ke beberapa generasi.
      Seni pencak silat yang ada di madiun ini banyak yang mendirikan seperti PSHT (Perguruan Setia Hati Terate) , PSHT  Winongo, Merpati putih, IKS (Ikatan Kera Sakti) dan masih banyak lagi perguruan tiggi pencak silat kota madiun. Budaya ini sudah sangat melekat di masyarakat kota madiun, dan tidak asing lagi untuk didengar. Setiap perguruan, masing-masing mempunyai ritual sendiri.. seperti PSHT yang ritual nya bisa dikategorikan dalam adat kejawen, serta IKS yang masih berbau adat budaya china.
      Sering kali masing-masing perguruan terlibat adu perkelahiann karena  ingin saling unggul satu sama lain, seperti hal nya PSHT dengan PSHT Winongo yang sering terjadi perkelahian setiap tahunnya.  Padahal yang sangat disayangkan mereka adalah satu perguruan tinggi pencak silat, tetapi entah mengapa terpecah belah.  Tetapi pemerintah kota Madiun bangga akan mempunyai perguruan tinggi pencak silat, karena tidak lepas dari adat budaya.
 
 
Ciri khas :
Selain ciri khas pada kota madiun adalah yang terkenal yaitu Nasi pecel, tetapi Kain batik di madiun juga tidak kalah khas nya. Motif kain batik di kota madiun berbeda dengan yang lainnya. Karena motif nya berbentuk kris yang menjadi lambang awal mula sejarah kota madiun.
 
 
 
 
 
 
 
Konon  keris tersebut menjadi  warisan pusaka yang ada di kota madiun. Sehingga di jadikan motif dalam batik tradisional. Dengan hal ini, kain motif batik tersebut bisa menjadi cirri khas kota madiun. Dan sejarah nya tidak akan dilupakan oleh masyarakat.

 
 

0 komentar:

Posting Komentar